Langsung ke konten utama

DAMPAK CORONA BAGI BISNIS UMKM

Tugas Pengantar Bisnis


Nama : Merina Ardiani
Nim : 01219066

DAMPAK CORONA BAGI BISNIS UMKM


Covid-19 menimbulkan ancaman kehilangan pendapatan rumah tangga, tidak dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup minimalnya. Dampak Covid-19 membuat UMKM tidak dapat melakukan usahanya sehingga terganggu kemampuan memenuhi kebutuhan kredit.UMKM justru menjadi sektor yang terpukul secara langsung dari dampak wabah Covid-19 karena menurunnya daya beli masyarakat secara signifikan terutama di level terbawah. Oleh karena itu pemerintah akan memberikan bantuan dan perlakuan khusus kepada UMKM.

Pendapatan usaha UMKM "pupus" gara-gara wabah Covid-19, sehingga mereka kesulitan untuk membayar biaya-biaya dan gaji atau honor pekerja. Mereka adalah pekerja warung, toko kecil, pedagang asongan, pedagang di pasar, hingga pekerja lain yang menggantungkan hidup dari pendapatan harian termasuk di pusat-pusat perbelanjaan dan pengendara ojek online. Status tanggap darurat yang diterapkan di beberapa wilayah akibat wabah virus corona, membuat pekerja di sektor informal dan UMKM tak bekerja dan terpaksa pulang kampung

.

Dampak virus corona bagi UMKM

          Virus Corona atau Covid-19 memiliki dampak serius terhadap berbagai segi kehidupan, termasuk aktivitas bisnis. Dampaknya mungkin tidak terlalu besar pada bisnis berskala besar, tetapi untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dampak dari pandemi ini cukup signifikan.

Dampak :

      -  Omset mengalami penurunan

      -  Kesulitan bahan baku

      -  Distribusi terhambat

      -   Kesulitan dalam permodalan

      -   Produksi terhambat


Tips Jitu agar UMKM Tetap Bertahan di Tengah Wabah Virus Corona

         Untuk menghindari penurunan omzet yang drastis, pemerintah sudah menyiapkan stimulus bagi UKM agar dapat bertahan di tengah wabah virus Corona. Tujuan ini adalah untuk menunda pembayaran utang UMKM pada bank. Meskipun mendapatkan bantuan dari pemerintah, pelaku UMKM sebaiknya tetap melakukan strategi sendiri agar penghasilan bisnis tetap stabil dan tetap mendapatkan peluang selama wabah Covid-19 masih berlangsung.


Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diimplementasikan oleh bisnis UMKM :

- Terapkan work from home secara efektif

Seperti yang telah dihimbau oleh pemerintah pelaku UMKM disarankan untuk memberlakukan sistem Work From Home (WFH) sampai situasi membaik. Sistem WFH sebetulnya dapat dilakukan secara efektif.

 - Kelola tagihan dari mana sja

Jika selama pelaku bisnis UMKM mengirim dan menerima faktur secara bertemu langsung maka,  cara terbaik untuk mengelola faktur adalah dengan menggunakan sistem otomatis.

      - Lakukan transaksi Bank secara online

Aplikasi keuangan memungkinkan untuk dapat menarik data keuangan yang Anda inginkan secara real time.



#bangganarotama
#narotamajaya
#thinksmart
#generasiemas
#suksesituaku
#febisnismudanarotama

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ujian Akhir Semester "Etika Bisnis"

 Nama : Merina Ardiani Nim : 01219066 Manajemen A1 Universitas Narotama Surabaya UAS ETIKA BISNIS 5 kasus pelanggaran etika bisnis selama tahun 2021 di Indonesia. 1 .KASUS PELANGGARAN PT. GARUDA INDONESIA 2018 Contoh kasus pelanggaran etika bisnis yang terakhir datang dari pelanggaran yang dilakukan oleh BUMN bidang transportasi paling terkenal di negara ini, yaitu PT. Garuda Indonesia. Kasus ini berawal ketika ditemukannya status plat merah dari saham perusahaan ini yang ada di dasar Bursa Efek Indonesia. Hal ini membuat para pemegang saham menjadi sangat marah sebab kasus tersebut masuk ke dalam kasus penipuan yang sangat fatal. Memiliki status plat merah memiliki arti bahwa saham yang dimiliki oleh perusahaan kualitasnya tidak baik dan digunakan sebagai mainan oleh kalangan trader bursa. 2. KASUS PELANGGARAN PT. MEGASARI MAKMUR 2006 Kasus pelanggaran yang dilakukan oleh PT. Megasari Makmur bermula ketika pada tahun 2006, terdapat laporan dari Lembaga Bantuan Hukum Kesehatan yang men

Tugas 2 : Perusahaan modern yang menerapkan etika bisnis

Nama : Merina Ardiani NIM : 01219066 Kelas : Manajemen A-01 Mata Kuliah : Etika Bisnis Universitas Narotama Surabaya Contoh Perusahaan Moden yang Menerapkan Etika dalam Bisnis   PT. Garuda Indonesia Garuda Indonesia telah mengumandangkan 5 (lima) nilai-nilai Perusahaan, yaitu eFficient & effective; Loyalty; customer centricitY; Honesty & Openness dan Integrity yang disingkat menjadi “FLY HI” sejak tahun 2007, dilanjutkan dengan rumusan code of conduct yang diluncurkan pada tahun 2008. Tata nilai FLY HI dan etika Perusahaan merupakan soft structure dalam membangun Budaya Perusahaan sebagai pendekatan yang digunakan Garuda untuk mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik. Pada tahun 2011, perusahaan menetapkan etika bisnis dan etika kerja perusahaan melalui Surat Keputusan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk No. JKTDZ/SKEP/50023/11 tanggal 11 Maret 2011. Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan merupakan himpunan perilaku-perilaku yang harus ditampilkan dan pe

UJIAN TENGAH SEMESTER "ETIKA BISNIS"

 Nama : Merina Ardiani Nim : 01219066 Manajemen A1 Universitas Narotama Surabaya UTS ETIKA BISNIS BAGIAN I  1. Etika  adalah : segala sesuatu yang berhubungan dengan cara melakukan kegiatan bisnis yang mecakup seluruh aspek yang masih berkaitan dengan personal, perusahaan ataupun masyarakatatau bisa juga diartikan pengetahuan tentang tata cara ideal dalam pengaturan dan pengelolaan bisnis. 2. Etika deontologis adalah teori filsafat moral yang mengajarkan bahwa sebuah tindakan itu benar kalau tindakan tersebut srlaras dengan prinsip kewajiban yang relevan untuknya  Kesulitan - Tidak memberi tempat bagi adanya dilema moral dan tidak bisa    memberi jalan keluar bila terjadi konflik prinsip moral . - Kemutlakan norma tanpa kemungkinan pengecualian dengan   mengindahkan akibat tindakan sulit diterima  -Imperatif kategoris kan melulu formak, hingga tidak membantu   mengerti kkewajiban mana yang secara kongkret mengikat seorang    pelaku moral  3. etika teleologi adalah tujuan mengukur baik