Langsung ke konten utama

Tugas 2 : Perusahaan modern yang menerapkan etika bisnis

Nama : Merina Ardiani

NIM : 01219066

Kelas : Manajemen A-01

Mata Kuliah : Etika Bisnis

Universitas Narotama Surabaya

Contoh Perusahaan Moden yang Menerapkan Etika dalam Bisnis

 

PT. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia telah mengumandangkan 5 (lima) nilai-nilai Perusahaan, yaitu eFficient & effective; Loyalty; customer centricitY; Honesty & Openness dan Integrity yang disingkat menjadi “FLY HI” sejak tahun 2007, dilanjutkan dengan rumusan code of conduct yang diluncurkan pada tahun 2008. Tata nilai FLY HI dan etika Perusahaan merupakan soft structure dalam membangun Budaya Perusahaan sebagai pendekatan yang digunakan Garuda untuk mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik. Pada tahun 2011, perusahaan menetapkan etika bisnis dan etika kerja perusahaan melalui Surat Keputusan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk No. JKTDZ/SKEP/50023/11 tanggal 11 Maret 2011.

Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan merupakan himpunan perilaku-perilaku yang harus ditampilkan dan perilakuperilaku yang harus dihindari oleh setiap Insan Garuda Indonesia. Etika dan perilaku tersebut dalam hubungannya dengan:

ü  Hubungan Sesama Insan Garuda.

ü   Hubungan dengan Pelanggan, Pemegang Saham dan Mitra Usaha serta Pesaing.

ü   Kepatuhan Dalam Bekerja, mencakup Transparansi Komunikasi dan Laporan Keuangan; Penanganan Benturan Kepentingan; Pengendalian Gratifikasi; Perlindungan Tehadap Aset Perusahaan dan Perlindungan Terhadap Rahasia Perusahaan.

ü   Tanggung jawab Kepada Masyarakat, Pemerintah dan Lingkungan.

ü   Penegakan Etika Bisnis dan Etika Kerja mencakup: Pelaporan Pelanggaran; Sanksi Atas Pelanggaran; Sosialisasi dan Pakta Integritas.

Melalui proses sosialisasi, pada tahun 2011 ini jumlah pegawai yang telah menandatangani lembar komitmen kepatuhan terhadap etika Perusahaan telah mencapai 2.980 pegawai dari berbagai profesi dan unit kerja. Jumlah tersebut berarti sudah mencapai lebih dari separuh dari total pegawai Perusahaan. Perusahaan mengimplementasikan whistleblowing system sebagai alat manajemen untuk membantu penegakkan etika perusahaan. Melalui system ini diharapkan semua pemangku kepentingan mau melaporkan dugaan pelanggaran etika yang dilakukan oleh oknum Pegawai Garuda.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAMPAK CORONA BAGI BISNIS UMKM

Tugas Pengantar Bisnis Nama : Merina Ardiani Nim : 01219066 DAMPAK CORONA BAGI BISNIS UMKM Covid-19 menimbulkan ancaman kehilangan pendapatan rumah tangga, tidak dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup minimalnya. Dampak Covid-19 membuat UMKM tidak dapat melakukan usahanya sehingga terganggu kemampuan memenuhi kebutuhan kredit.UMKM justru menjadi sektor yang terpukul secara langsung dari dampak wabah Covid-19 karena menurunnya daya beli masyarakat secara signifikan terutama di level terbawah. Oleh karena itu pemerintah akan memberikan bantuan dan perlakuan khusus kepada UMKM. Pendapatan usaha UMKM "pupus" gara-gara wabah Covid-19, sehingga mereka kesulitan untuk membayar biaya-biaya dan gaji atau honor pekerja. Mereka adalah pekerja warung, toko kecil, pedagang asongan, pedagang di pasar, hingga pekerja lain yang menggantungkan hidup dari pendapatan harian termasuk di pusat-pusat perbelanjaan dan pengendara ojek online. Status tanggap darurat yang diterapkan d...

UJIAN TENGAH SEMESTER "ETIKA BISNIS"

 Nama : Merina Ardiani Nim : 01219066 Manajemen A1 Universitas Narotama Surabaya UTS ETIKA BISNIS BAGIAN I  1. Etika  adalah : segala sesuatu yang berhubungan dengan cara melakukan kegiatan bisnis yang mecakup seluruh aspek yang masih berkaitan dengan personal, perusahaan ataupun masyarakatatau bisa juga diartikan pengetahuan tentang tata cara ideal dalam pengaturan dan pengelolaan bisnis. 2. Etika deontologis adalah teori filsafat moral yang mengajarkan bahwa sebuah tindakan itu benar kalau tindakan tersebut srlaras dengan prinsip kewajiban yang relevan untuknya  Kesulitan - Tidak memberi tempat bagi adanya dilema moral dan tidak bisa    memberi jalan keluar bila terjadi konflik prinsip moral . - Kemutlakan norma tanpa kemungkinan pengecualian dengan   mengindahkan akibat tindakan sulit diterima  -Imperatif kategoris kan melulu formak, hingga tidak membantu   mengerti kkewajiban mana yang secara kongkret mengikat seorang    pelaku ...

TUGAS ETIKA BISNIS RESUME

  Nama  : Merina Ardiani NIM : 01219066 Kelas : Manajemen A-01 (Etika Bisnis) Dosen : Hj. I.G.A. Aju Nitya Dharmani, S.ST., S.E., M.M #narotamajaya #suksesituaku #febbisnismudanarotama #generasiemas #thinksmart #bangganarotama